fbpx
sunat dewasa di Bandung

Persiapan Sunat Pria Dewasa dan Perawatannya

Daftar Isi

Pentingnya Sunat Dewasa untuk Kesehatan

Ada beragam alasan mengapa seseorang mengharuskan sunat meski sudah beranjak dewasa. Sunat pada pria dewasa perlu memperhatikan berbagai hal, baik dari manfaat, metode yang dipilih, persiapan, hingga cara perawatan paska sunat. Secara umum, baik anak-anak maupun dewasa, konsep sunat tetaplah sama, yaitu menghilangkan kulup penis bagian luar yang rentan menutupi kepala penis. Pada sunat dewasa, prosedurnya juga cukup sederhana dan perlu waktu pemulihan sekitar 3-10 hari. Bergantung pada kondisi dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Manfaat sunat dewasa bagi kesehatan

Keputusan untuk melakukan sunat dewasa adalah hak sepenuhnya setiap individu. Biasanya, sunat saat sudah dewasa dilakukan untuk pertimbangan medis. Atau juga karena alasan berpindah agama, dan syariat agama tertentu, menjadikan sunat sebagai kewajiban.

Beberapa manfaat sunat bagi pria dewasa dan dampaknya untuk kesehatan di antaranya:

1. Mengatasi balanitis

Salah satu kondisi yang rentan dialami pria belum sunat adalah balanitis. Pada penderitanya, bagian kepala dan kulup penis bisa mengalami peradangan. Hal ini terjadi karena kulit yang menutupi penis bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Prosedur sunat dapat mengatasi hal ini sehingga tidak ada lagi risiko endapan substansi seperti sabun, minyak, keringat, urine, dan lainnya.

2. Mencegah risiko infeksi menular seksual

Menurut Center for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, seorang pria dewasa yang telah disunat memiliki risiko lebih rendah tertular penyakit infeksi menular seksual, seperti herpes dan human papillomavirus (HPV).

Tak hanya itu, khitan saat dewasa juga dapat melindungi pria maupun pasangannya dari kemungkinan menderita sifilis. Meski demikian, bukan berarti sunat bisa jadi perlindungan utama dari infeksi menular seksual.

3. Mencegah infeksi HIV

Seseorang yang telah melakukan prosedur sunat dewasa memiliki risiko lebih rendah terinfeksi HIV. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh sebuah tinjauan ilmiah pada tahun 2011.

Meski begitu, melakukan seks secara aman tetap menjadi cara utama mencegah HIV.

4. Mencegah iritasi

Selain balanitis, salah satu kondisi yang juga terjadi akibat iritasi di kepala penis adalah fimosis. Penderitanya akan merasa penis seperti diikat, mengalami peradangan, hingga infeksi. Sunat adalah salah satu cara yang dapat mencegah terjadinya hal ini.

Persiapan Sebelum Melakukan Sunat Dewasa

Persiapan ini bukan saja fisik, tapi mental pun harus diperhatikan. Untuk persiapan mental dapat diiringi dengan mengetahi beragam metode sunat yang akan dipilih. Dengan mengetahuinya, mental Anda akan lebih siap dalam menjalani proses sunat. Secara terperinci, sebelum melakukan sunat ada berbagai hal yang sebaiknya Anda persiapkan, yaitu:

  • Melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter seputar prosedur sirkumsisi, termasuk metode sunat  modern yang sesuai untuk Anda
  • Taati petunjuk dokter tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan menjelang sunat, seperti berhubungan seksual, melakukan aktivitas fisik berat, atau mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Semua ini bergantung pada kondisi fisik dan hasil diagnosa dokter
  • Istirahat yang cukup sehari sebelum tindakan sunat dilakukan, dan perbanyak minum air putih
  • Jika dirasa perlu, minta orang terdekat untuk mendampingi Anda ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan tempat sunat akan dilakukan

Perawatan dan Masa Penyembuhan Sunat Dewasa

Biasanya, tahap penyembuhan luka sunat dewasa berlangsung selama 2-3 minggu. Meski demikian, tentu waktu pemulihan ini berbeda antara satu orang dan lainnya bergantung pada kondisi fisik mereka.

Untuk kembali menjalani aktivitas fisik, amannya adalah menunggu hingga 1 bulan. Sementara untuk aktivitas seksual, perlu menunggu sedikit lebih lama sekitar 1,5 hingga 2 bulan. Konsultasikan kepada dokter agar tahu betul kapan kembali aman untuk beraktivitas seperti biasa.

Agar cepat sembuh dan terhindar dari infeksi, berikut ini langkah perawatan setelah sunat dewasa di antaranya:

  • Beristirahat total dan tunggu pemulihan sempurna sebelum beraktivitas fisik/seksual
  • Gunakan celana dalam yang nyaman dan bisa menopang kepala penis dengan baik
  • Hindari celana dalam terlalu longgar karena penis menjadi terlalu banyak bergerak dan rentan bengkak
  • Saat perban sudah dibuka dan seusai mandi, hindari menggosok luka dengan handuk
  • Tidak menggunakan sabun yang mengandung pewangi selama beberapa minggu setelah sunat
  • Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan agar luka sunat cepat sembuh seperti sayur bayam, ikan salmon, buah beri, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut mengandung nutrisi seperti vitamin C dan zinc yang berdasarkan penelitian, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Perawatan lain mungkin juga diperlukan, tergantung dari saran dokter yang melakukan tindakan sunat. Karena setiap selesai sunat, sudah hal yang umum dokter akan memberikan berbagai saran untuk perawatan paska sunat.

Tempat Sunat Dewasa di Bandung

Bagi Anda yang berada di Bandung dan sekitarnya, yang mencari tempat sunat pria dewasa, dapat menghubungi mahirsunat.com. Mahir sunat adalah salah satu tempat sunat yang memiliki dokter berpengalaman dan telah tersertifikasi. Metode sunat yang ditawarkan pun beragam, mulai dari metode bipolar, klamp dan lem serta  metode khusus untuk pria dewasa sunat.

Alamat mahir sunat berada di Jalan Margacinta nomor 4 Kota Bandung. Memiliki tempat sunat yang nyaman, bangunan baru dan teknologi termutakhir. Selain itu tempat parkir yang luas, akan mempermudah akses parkir bagi siapapun yang akan bersunat yang dibersamai oleh anggota keluarga lainnya.

Info selengkapnya silahkan klik www.mahirsunat.com

Baca juga: Rekomendasi Tempat Sunat Terbaik di Bandung

Mahir Sunat - Sunat Modern
Mahir Sunat - Sunat Modern
9 Google ulasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.