fbpx
dokter sunat modern di bandung

Rekomendasi Tempat Sunat di Bandung

Daftar Isi

Sunat Telah Ada Sejak Dahulu

Sunat di Bandung – Menelisik dari sejarah kebudayaan manusia, sunat telah dikenal oleh beberapa kalangan sebagai suatu proses adat sekaligus pembersihan diri sebelum seorang anak beranjak dewasa. Masyarakat pada jaman dahulu sangat menjaga budaya ini dan lebih jauh dari itu, proses sunat ini telah menjadi satu kewajiban bagi umat muslim.

Sunat telah dilaksanakan oleh-orang dahulu dan masih berlanjut hingga ajaran agama Islam datang ke muka bumi ini hingga sekarang. Menurut sejarah nabi, orang yang pertama kali disunat adalah Nabi Ibrahim AS. Akan tetapi,  pada masyarakat lainnya tidak diketahui secara pasti motif yang membuat mereka melakukan sunat.

Entah sunat yang mereka lakukan itu berdasarkan pemikiran rasional untuk sekedar membuang bagian yang menurut mereka tidak bermanfaat. Atau bisa jadi mereka beranggapan jika bagian tersebut tidak dibuang akan menimbulkan satu penyakit, atau bisa saja memang motifnya karena mengikuti perintah agama yang dibawa oleh Rasul terdahulu.

Tujuan dan Manfaat Sunat

Tujuan sunat menurut tuntunan agama selain mengikuti sunnah Rasulullah dan Nabi Ibrahim, juga bertujuan untuk menyingkirkan najis yang menempel pada anggota tubuh saat shalat. Karena, shalat seseorang dinyatakan tidak sah jika terdapat najis yang melekat pada tubuhnya. Dengan bersunat, maka najis sisa air kencing yang ada disekitar kulup akan lebih mudah dibersihkan hanya dengan membasuhnya.

Sunat dalam bahasa medisnya adalah sirkumsisi. Suatu tindakan yang dilakukan untuk membuang kulup pada kepala penis.

Manfaat sunat dipandang dari sudut kesehatan bagi seorang laki-laki cukup banyak. Diantaranya adalah:

1. Lebih sehat

Dengan bersunat maka kemaluan pria lebih mudah dibersihkan dibandingkan mereka yang tidak sunat. Karena jika sisa-sisa air kencing mengendap terlalu lama dan terjaid penumpukkan bakter, ini akan menyebabkan peradangan di sekitar kepala penis. Menurut beberapa penelitian medis, infeksi bekas urine lebih banyak diderita orang yang tidak disunat. Sedangkan, telah diketahui bahwa infeksi yang akut terjadi pada usia muda akan berakibat pada masalah ginjal di kemudian hari.

2. Meminimalisir resiko infeksi dari transmisi seksual

Pria yang sudah disunat memiliki resiko jauh lebih rendah dari infeksi akibat hubungan seksual, termasuk  juga penularan HIV/AIDS. Walapun tentu saja, hal ini perlu juga didukung oleh perilaku seks yang bertanggung jawab.

3. Menjauhkan penyakit di sekitar penis.

Terkadang, kulit muka penis yang tidak disunat akan lengket dan sulit dipisahkan. Jika ini berlangsung dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan peradangan pada kepala penis. Jika sudah begini, kulit penis akan rentan terhadap serangan bakteri jahat.

4. Mencegah kanker penis (penile cancer).

Kanker penis memang termasuk jenis kasus yang jarang dijumpai, apalagi pada penis yang disunat. Di samping itu, terjadinya kanker leher rahim (cervical cancer) akan lebih kecil kemungkinannya terjadi pada wanita jika suaminya sudah disunat.

Perkembangan Metode Sunat dari Masa ke Masa

Sunat Metode Tradisional

Teknik ini mungkin sudah sangat jarang ditemui di daerah perkotaan. Teknik sunat tradisional biasanya dilakukan oleh bong supit (juru khitan), bengkong (dukun sunat dalam masyarakat Betawi), menggunakan pisau, silet, atau pun bambu yang telah ditajamkan. Peralatan yang akan dipakai tersebut disterilkan dengan alkohol sebelum penggunaan. Tanpa pembiusan, kulit penis yang akan dipotong diregangkan dengan semacam alat penjepit, baru kemudian dipotong dengan sekali iris. Setelah itu, bekas luka ditaburi semacam obat antiinfeksi dan dibalut tanpa melalui proses dijahit.

Sunat Metode Konvensional

sunat metode konvensional

Metode sunat ini paling banyak digunakan hingga kini oleh banyak tenaga dokter maupun mantri sunat. Alat yang digunakan telah sesuai dengan standar medis. Sebelum kulit penis dipotong, akan dilakukan pembiusan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kulit penis diiris melingkar menggunakan gunting atau pisau khusus bedah. Setelah dipotong, kulit penis disatukan kembali dengan cara dijahit sehingga hasilnya relatif lebih baik.

Sunat Metode Electric Cauter (Laser)

alat sunat laser electric cauter

Metode ini sempat booming beberapa waktu lalu, dan kerap disebut sebagai metode sunat laser. Penamaan ini sebenarnya kurang tepat karena sama sekali tidak menggunakan laser, yang diasumsikan sebagai sinar berwarna merah dalam film-film sci-fi . Padahal, pada praktiknya, sunat laser memakai alat cauter untuk memotong kulit penis. Alat itu berbentuk seperti pistol dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan. Jika dialiri listrik, ujung logam akan panas dan memerah. Nah, elemen yang memerah itulah yang digunakan untuk memotong kulit penis. Alat cauter akan memotong kulit tanpa berdarah, karena bersifat panas dan langsung membekukan darah di kulit tersebut. Cara ini tergolong aman, selama cauter tidak mengenai kepala penis. Itu sebabnya, sunat ini harus dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman melakukan.

Sunat Metode Klemp

Sunat klamp di Bandung

Klemp adalah tabung plastik khusus yang memiliki ukuran bervariasi sesuai ukuran penis. Metode klem memilik banyak variasi alat dan nama, walaupun prinsip dan cara kerjanya sama: Kulit penis (kulup) dijepit dengan suatu alat sekali pakai, kemudian dipotong dengan pisau bedah, tanpa harus dilakukan penjahitan. Setelah itu, klem akan dipasang pada penis hingga luka mengering sekitar 3-6 hari. Anda bisa menemukan berbagai nama klem, di antaranya Ismail Clamp, Q-Tan, Ali’s Clamp, Tara Clamp, dan Smart Clamp. Inilah metode sunat yang sedang jadi favorit para mama saat ini, karena si kecil tidak akan merasakan sakit sama sekali dan bisa langsung memakai celana dan beraktivitas seperti biasa usai sunat.

Sunat Metode Bipolar

Sunat metode bipolar di bandung

Metode ini sudah umum digunakan di rumah sakit untuk tindakan bedah. Jaringan kulit yang dipotong terkoagulasi (lumer) dan tidak terbakar seperti pada penggunaan metode cauter laser. Sehingga pembuluh darah tertutup dan bisa langsung kering. Dengan begitu akan mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Potongan yang dihasilkan pun lebih rapi dan presisi. Metode sunat bipolar tergolong kepada metode terbaru yang paling banyak diminati. Karena dengan metode ini, anak bisa langsung beraktivitas (meski tetap harus dalam pengawasan orangtua) dan bisa langsung mandi, dengan catatan tidak berendam.

Rekomendasi Tempat Sunat Modern di Bandung

Di Bandung ada banyak sekali rumah khitan atau klinik yang melayani tindakan sunat. Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk membawa anak disunat, maka rekomendasi terbaik untuk rumah sunat pertama yang patut untuk disurvey adalah Mahir Sunat. Melayani tindakan sunat dengan metode bipolar di Bandung. Harga terjangkau dan banyak hadiahnya.

Pilihan Layanan Sunat di Mahir Sunat

Selain menawarkan banyak pilihan layanan, keunggulan lainnya dari Mahir Sunat adalah dalam hal metode bius sudah tidak menggunakan jarum suntik. Selain itu di lokasi Mahir Sunat menyediakan halaman parkir sangat luas.

Sunat Mahir Sealer

Sunat bipolar atau klamp tanpa disertai penyulit (Phimosis, Paraphimosis atau penyulit lainnya). Cocok untuk sunat normal dengan usia anak-anak.

Sunat Bayi Mahir Sealer

Sunat presisi menggunakan lem dan klamp pada bayi dengan rentang usia 0 bulan – 12 bulan. Khusus usia 0 bulan, disarankan menunggu bayi minimal berusia 7 hari.

Sunat Gemuk Mahir Sealer

Sunat menggunakan lem dan klamp pada pasien gemuk yang memiliki “penis tenggelam”, memerlukan keahlian khusus untuk mendapatkan hasil yang presisi dan estetis

Sunat Perbaikan Mahir Sealer

Sunat pada pasien yang sudah pernah dilakukan sunat karena ada keluhan estetika atau fungsi dari hasil sunat sebelumnya yang belum sesuai. Bisa dilakukan perbaikan, agar kulup tidak kembali menutup kepala penis.

Sunat dengan Penyulit Mahir Sealer

Sunat pada pasien dengan Phimosis, Paraphimosis atau penyulit lainnya. Sunat dengan penyulit membutuhkan metode khusus dan juga pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter yang akan melakukan tindakan.

Sunat Dewasa Mahir Sealer

Sunat untuk pria dewasa yang bertujuan untuk kesehatan, atau bisa juga untuk muallaf.

Alamat Mahir Sunat di Bandung

Mahirsunat.com bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan khusus Sunat Modern. Kami hadir dengan menawarkan solusi sunat modern yang aman untuk semua usia. Alamat lengkap Mahir Sunat berada dekat dengan tengah kota, sehingga bagi Anda yang berada di Bandung dan sekitarnya bisa langsung berkungjung ke Jl Margacinta Nomor 4 Kota Bandung. Sedangkan bagi yang berada di luar Bandung, bisa terlebih dahulu menghubungi perawat untuk konsultasi. Link untuk informasi, booking jadwal dokter dan juga untuk mendapatkan direction google maps silahkan klik link https://linktr.ee/mahirsunat

Cara Daftar Online Mahir Sunat Bandung

Cara daftar sunat melalui online sangat mudah, dengan begitu Anda bisa menyesuaikan dengan waktu luang Anda dan juga tidak perlu mengantri lama. Ini pun menjadi salah satu keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh Mahir Sunat. Bahkan Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu melalui whatsapp.

Cara daftarnya sangat mudah:

  1. Isi Form Booking Online
  2. Tunggu Konfirmasi Jadwal Dokter
  3. Datang Pada Jadwal yang Telah Ditentukan
  4. Pembayaran bisa dilakukan langsung setelah tindakan sunat selesai.

Segera daftar di mahirsunat.com

Baca juga: Sunat di Afrika Menjadi Ritual Menuju Fase Dewasa

Mahir Sunat - Sunat Modern
Mahir Sunat - Sunat Modern
9 Google ulasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.