fbpx
cara membujuk anak untuk sunat

Cara Ampuh Membujuk Anak untuk Sunat

Daftar Isi

Membujuk Anak untuk Sunat – Bersunat dalam agama Islam menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan seorang muslim. Selain itu sunat memberikan dampak baik bagi kesehatan alat vital anak. Karena dengan bersunat menjadi mudah dibersihkan, tidak menjadi sarang bakteri karena sisa air kencing yang mengendap. Namun bagi seorang anak, tidak sedikit yang merasa ketakutan ketika mendengar kata sunat. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan kesadaran dan pemahaman yang tepat mengenai sunat.

Jangan sampai memaksa anak ketika dirinya belum siap sunat. Atau bahkan menakut-nakutinya dengan mengarang cerita hanya agar dirinya mau disunat. Sebaiknya lakukan pendekatan secara personal kepada anak. Dan ini bisa dilakukan oleh seorang Ayah maupun Ibu.

Bagaimana caranya? Berikut adalah tips ampuh membujuk anak untuk sunat

Jelaskan Mengenai Pentingnya Sunat Bagi Kesehatan

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Memberitahu anak mengenai pentingnya sunat. Dengan mengetahuinya akan membuat si kecil semakin yakin untuk sunat. Pastikan memberikan penjelasan secara medis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Karena salah satu keutamaan sunat adalah dapat membuat tubuh lebih bersih. Sehingga kita dapat terhindar dari beberapa risiko infeksi penyakit akibat virus, jamur, dan juga bakteri.

Jelaskan Bahwa Sunat adalah Kewajiban Bagi Setiap Muslim

Dari sudut pandang agama, orangtua bisa juga memberikan penjelasan bahwa sunat merupakan perintah. Berikan pemahaman kepadanya bahwa jika kita disunat maka Allah akan menyayangi kita. Karena kita sudah mengikuti perintahnya. Tambahkan nilai-nilai spiritual saat memberikan penjelasan, tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Misalnya, dengan kita bersunat maka tubuh kita lebih bersih, karena najis air kencing bisa dibasuh dengan mudah dan tidak ada yang menempel. Sehingga sholat yang dikerjakan diterima oleh Allah. Dan berikan juga penjelasan bahwa menjaga kebersihan adalah perintah Allah, dan jika kita mengerjakan perintah-Nya maka akan mendapatkan pahala.

Berikan Contoh dari Orang yang Anak kenal Sudah Bersunat

Bisa sebutkan kakaknya, sepupunya atau saudara yang dia kenal yang sudah disunat. Berikan motivasi kepada anak bahwa mereka semua berani melakukan sunat. Tidak perlu berbohong kepada anak dengan mengatakan hal-hal yang tidak nyata. Dengan demikian anak akan mendapatkan contoh nyata dari saudaranya itu. Dan ini akan memberikan motivasi yang lebih kuat kepadanya. Jika diperlukan, mintalah saudara yang tidak jauh selisih usianya untuk turut memberikan motivasi kepada anak.

Berikan Hadiah Sebagai Apresiasi

Memberikan hadiah seperti mainan kesukaan, ataupun makanan kesukaannya jika mau disunat adalah cara terakhir yang bisa kita sampaikan. Pastikan hadiah ini sebagai bentuk apresiasi yang sifatnya menambah motivasi anak agar semakin yakin untuk sunat. Jangan menjadikan hadiah sebagai motivasi utama, karena ini akan menimbulkan efek tidak baik kedepannya. Jangan membiasakan anak melakukan apa yang orang tua perintahkan atas dasar motivasi hadiah semata. Namun seperti yang sudah disampaikan pada point sebelumnya, pastikan anak yakin disunat karena memang menyadari dan memahami mengenai pentingnya sunat.

Kesimpulan Membujuk Anak untuk Sunat

Demikian tips ini semoga bermanfaat bagi Ayah dan Bunda. Terutama yang memiliki anak laki-laki pertama yang mungkin masih bingung bagaimana merayu anak agar mau disunat. Intinya adalah jangan sampai memberikan informasi keliru, baik itu yang datangnya dari orang tua ataupun yang anak dengar sendiri dari teman-temannya. Berikan penjelasan yang mudah dimengerti tanpa harus ada manipulasi.

Baca juga: Mengenal Metode Sunat Bipolar

Untuk mendapatkan informasi mengenai metode sunat, layanan dan juga fasilitasnya, Ayah dan Bunda bisa mengunjungi halaman website mahirsunat.com. Salah satu rumah sunat yang menawarkan sunat dengan metode terkini dan teknologi yang sesuai dengan standar kesehatan.

Kabar baik lainnya adalah metode bius tidak menggunakan jarum suntik. Sehingga tidak membuat anak menjadi panik. Selain itu, di mahirsunat.com memberikan hadiah kepada anak setelah sunat. Hadiahnya tentu saja yang menarik bagi anak. Jadi ini bisa menjadi salah satu pilihan yang patut Ayah dan Bunda pertimbangkan.

Mahir Sunat - Sunat Modern
Mahir Sunat - Sunat Modern
9 Google ulasan

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.